Senin, 16 Juli 2012
Perawatan Kendaraan Agar Mesin Awet dan Tahan Lama
Perawatan kendaraan mutlak dilakukan agar mesin awet dan masa pakai yang lama. Bagi yang mengerti tentang tehnik perawatan tentu bisa melakukannya sendiri, namun bagi yang belum mengetahui dapat melakukan perawatan di bengkel yang mempunyai peralatan lengkap dan mekanik yang handal. Jika dilihat sepintas memang cara perawatan kendaraan gampang dilakukan oleh siapa saja, padahal sesungguhnya tidak semudah yang dikira. Karena jika tidak mengetahui secara pasti dapat berakibat fatal. Sesuatu yang terawat dengan baik tentu keadaannya sangat jauh berbeda dengan yang tidak.
Mesin terdiri dari banyak komponen yang saling mendukung satu dengan yang lain agar dapat berfungsi. Sebagian besar komponen mesin terdiri dari metal yang bergesekan, bersinggungan dan berputar. Yang tentu saja dapat terjadi keausan jika mesin bekerja dalam jangka waktu yang lama, apalagi jika minim perawatan.
Sekarang populasi kendaraan dengan transmisi otomatis atau yang lebih dikenal dengan motor matic begitu mendominasi, motor matic mempunyai sistem penggerak khusus sebagai teransfer daya dari mesin ke roda belakang sebagai penggerak akhir, yaitu sistem CVT ( Continuesly Variable Transmission ). Bagian ini terpisah dari mesin, jadi perlu perawatan khusus dan berkala. Jika tidak terawat motor matic pun akan timbul masalah seperti motor tipe lain.
Untuk motor yang masih menggunakan tipe karburator konvensional, untuk diagnosa jika ada masalah pun masih dengan cara konvensional, terutama bagian mesin. Bagi yang sudah berpengalaman hal demikian tentu bukanlah hal yang sulit, tapi jika melihat pesatnya perkembangan otomotif sekarang, para ATPM berlomba-lomba memproduksi line-upnya dengan berbagai spek mesin dan teknologi terkini dalam jangka waktu yang sangat berdekatan, keadaaanya sudah sangat jauh berbeda dengan suasana otomotif 30 tahun yang lalu. Para pelaku di dunia otomotif khususnya para mekanik pun dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan dengan segala media yang ada. Jika tidak sudah pasti akan semakin tertinggal.
Selain mengikuti berbagai perkembangan terbaru, para mekanik juga harus bisa memberikan penjelasan secara logis tentang kondisi motor costumer, sebagai contoh jika costumer membawa motornya yang pada mesinnya terdapat suara kasar, costumer biasanya mendiagnosa piston sebagai sumber masalah. Padahal mungkin sebenarnya banyak faktor yang menjadi objek sumber masalah tersebut. Di sinilah peran mekanik menjadi sangat penting terutama memberi penjelasan dan solusi terbaik bagi costumer, karena tidak semua costumer mengerti dengan pasti kondisi motornya.
Sedikit cerita, pernah ada suatu bengkel yang kedatangan costumer dengan motor matic. Costumer tersebut mengeluhkan suara mesin yang kasar, dan berpendapat bahwa piston sebagai sumber masalah, dan minta diperbaiki. Karena instruksi costumer hanya berorientasi pada piston, maka hanya bagian piston yang dikerjakan. Setelah dilakukan oversize dan korter motor pun dikembalikan ke costumer. Keesokan harinya costumer tersebut datang dan marah besar karena keluhannya belum teratasi, padahal sudah dilakukan perbaikan. Bengkel pun mengelak dan berasumsi bahwa mereka hanya mengerjakan apa yang menjadi instruksi sumber masalah yang telah disampaikan costumer sebelumnya. Padahal mungkin bengkel tersebut juga mengetahui bahwa banyak hal yang menjadi sumber masalah namun tidak diinformasikan terlebih dahulu kepada costumer. Padahal sejatinya semua costumer ingin jika keluar dari bengkel motornya kembali normal seperti sediakala dan keluhannya dapat teratasi.
Bagi mekanik yang mengerti tentu tidak hanya berpatokan pada asumsi yang disampaikan costumer semata, karena mekanik tentu lebih mengetahui seluk beluk tehnik dengan baik. Seperti mengambil cerita di atas jika costumer menampaikan keluhan, dan berpendapat bahwa piston sebagai sumber masalah sebagai mekanik tentu tidak ada salahnya melakukan pengecekan part-part lain yang saling berhubungan seperti kondisi valve, connecting road, camshaft, crankshaft, hingga ke bagian cvt seperti roller, v-belt, secondary sliding sheave, hingga final gear. Semua tidak salah dilakukan, karena bagian-bagian mesin tersebut saling mendukung, jika salah satu part rusak dan tidak segera dilakukan pergantian maka akan sangat mempengaruhi fungsi dan cara kerja part yang lain, jika terus dibiarkan part yang lain pun akan ikut rusak. Jika hanya satu part yang diganti tentu tidak akan menyelesaikan masalah. Untuk itu dalam kondisi ini perawatan menjadi sangat penting, jika tidak maka biaya untuk pergantian part-part yang tidak terawat dengan baik menjadi sangat besar dikemudian hari. Padahal untuk perawatan tidaklah memerlukan biaya besar. Seperti halnya di Mr.Montir perawatan atau servis rutin meliputi berbagai pengecekan dari putaran stasioner mesin hingga pelumasan step dan standar, yang jika di bengkel lain mungkin terabaikan.
Jika kondisi seperti diatas terjadi, mekanik yang mempunyai prosedur akan melakukan pengecekan part-part apa saja yang mengalami kerusakan, part apa saja yang masih layak pakai. Lalu mengecek ketersediaan part yang mungkin akan dilakukan pergantian beserta harga listnya. Lalu menghubungi costumer untuk meminta konfirmasi dan memberikan penjelasan tentang kondisi motor khususnya part-part yang sudah tidak layak pakai, costumer pun dapat melihat secara langsung part tersebut dan diberikan contoh perbandingan dengan part yang masih dalam kondisi bagus. Dan jika costumer menyetujui untuk dilakukan pergantian baru mekanik melakukan pergantian part. Karena hasil akhirnya adalah kembali lagi kepada kepuasan costumer. Bisa dibayangkan jika mekanik tidak menunjukkan part-part mana saja yang rusak, dan hanya melakukan pergantian seperti instruksi awal. Jika tiba-tiba mesin macet pada malam hari, yang jauh dari bengkel tentu akan sangat merepotkan dan berpotensi menimbulkan bahaya yang mengancam. Hal demikian tentu sangat tidak kita inginkan.
Oleh karena itu lakukanlah perawatan/service dan pergantian oli secara teratur. Jangan menunda pergantian part yang sudah tidak layak pakai, berkendara dengan baik dan benar, patuhi aturan dan rambu-rambu lalu lintas, hormati sesama pengguna jalan karena kita mempunyai hak yang sama dan tidak ada yang mendapat prioritas lebih dari yang lain, gunakanlah selalu pengaman berkendara.
Penulis - Aries Mr. Montir Cirebon
Contoh Kartu Member Mr. Montir Cirebon untuk mendapatkan diskon servis - info pendaftaran hub. cust servis bengkel di jl. tentara pelajar no. 12b/14 Cirebon
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar